CFD adalah instrumen yang kompleks dan membawa risiko tinggi kehilangan uang secara cepat karena penggunaan leverage. Anda sebaiknya mempertimbangkan apakah Anda memahami cara kerja CFD dan sanggup menanggung risikonya.
Transaksi dengan instrumen over-the-counter non-deliverable tidak membutuhkan transfer kepemilikan dan hak-hak lain atas aset yang mendasarinya, merupakan aktivitas yang berisiko dan bisa membawa tak hanya keuntungan namun juga kerugian. Tinggi rendahnya potensi kerugian terbatas pada besarnya deposit. Keuntungan masa lalu tak menjamin keuntungan di masa depan.
Spread bets and CFDs are complex instruments and come with a high risk of losing money rapidly due to leverage. 82% of retail investor accounts lose money when trading spread bets and CFDs with this provider. You should consider whether you understand how spread bets and CFDs work and whether you can afford to take the high risk of losing your money.
CFDs are complex instruments and come with a high risk of losing money rapidly due to leverage. You should consider whether you understand how CFDs work and whether you can afford to take the high risk of losing your money.
CFD merupakan instrumen yang rumit dan memiliki risiko tinggi kehilangan uang secara cepat karena adanya pengaruh leverage. 84% akun investor ritel mengalami kerugian saat melakukan kegiatan perdagangan CFD dengan penyedia ini. Anda harus mempertimbangkan apakah Anda memahami cara kerja CFD dan apakah Anda mampu menerima risiko tinggi kehilangan uang.

Prediksi Harga Cardano: Bisakah ADA Naik Lagi?

By Capital.com Research Team


Diperbarui

Cardano (ADA), mata uang kripto terbesar ke-7 berdasarkan kapitalisasi pasar, berhasil naik mengikuti peningkatan pesat aktivitas di ruang mata uang kripto.

Harganya naik ke $1,21 hari ini (29 Maret), yang berarti mengalami peningkatan lebih dari 28% dalam tujuh hari. Pasar mata uang kripto keseluruhan dalam periode yang sama pun bertumbuh 11%.

Apabila tren naik terus berlanjut, berarti mungkin ini adalah tanda berakhirnya tren bearish yang menurunkan nilai koin ini dari harga puncak $3,1 bulan September lalu.

Sebagai protokol Layer 1—blockchain utama yang memvalidasi dan memfinalkan transaksi tanpa membutuhkan jaringan lain—ADA menghadapi persaingan ketat dari protokol Layer 1 lainnya, seperti Ethereum (ETH), Avalanche (AVAX), dan Solana (SOL), yang sama-sama mengalami peningkatan harga dalam tujuh hari terakhir.

Bisakah ADA mengungguli para pesaingnya di tahun 2022 ini? Apakah ini saat yang tepat untuk berinvestasi di Cardano? Berapa target harga realistisnya? 

Mari kita pertimbangkan berita terbaru dan fundamental proyek ini supaya dapat melihat gambaran lebih jelas tentang prediksi harga Cardano secara realistis.

Prediksi Harga Cardano (ADA): ‘Kripto Rakyat’

Menurut Tim Harrison, Direktur Pemasaran dan Komunikasi di Input Output Global, ada 500 proyek yang dibuat di blockchain Cardano, dari koleksi NFT hingga peminjaman DeFi dan dompet baru.

Anggota komunitas Cardano, Ed n' ₳ltcoins, baru-baru ini menulis tweet bahwa hampir 90% distribusi token Cardano adalah ritel, sama dengan Bitcoin. Ia mengatakan bahwa “distribusi yang menyebar ke pemilik ritel terus bertambah. Tren ini kemungkinan akan terus berlanjut. Cardano adalah kripto rakyat.”

Sementara itu, Dr Shweta, pemilik dan operator dua pool staking KiBloc Cardano (KIBC1 & KIBC2), mengatakan bahwa sampai dengan Februari 2022, jumlah pemilik Cardano (ADA) jangka panjang bertambah 32%.

Menurut prediksi harga kripto Cardano terbarunya, nilai koin ADA bisa melonjak sampai 25% apabila investor kripto besar mengakumulasi kepemilikan Cardano mereka.

Mengomentari prospek koin ini ke depannya, Mikhail Karkhalev, analis di Capital.com, mengatakan bahwa investasi Cardano harus dipertimbangkan dengan hati-hati:

“Cardano, seperti mata uang kripto lain sekarang ini, berada dalam tekanan jual yang sangat kuat dari investor. Aset berisiko dalam iklim politik dan ekonomi saat ini tidak dianggap sebagai metode paling menarik untuk tabungan dan apresiasi modal. Walaupun investor bisa menunggu ketidakstabilan ekuitas, indeks, dan ETP, aset kripto sangat berisiko dan volatil.”

Karkhalev menambahkan bahwa penggunaan mata uang kripto untuk lindung nilai saat ini sudah berkurang dan ia memprediksi bahwa pasar bullish untuk mata uang kripto, termasuk Cardano, hanya bisa diharapkan apabila situasi geopolitik dan ekonomi di dunia mulai membaik.

Di sisi bullish, analis ini mengatakan, “Dalam kaitannya dengan ekspektasi global, Cardano adalah salah satu proyek paling menjanjikan di pasar kripto, harga saat ini adalah kesempatan bagus untuk membelinya dengan semurah mungkin untuk penyimpanan jangka panjang.”  

Prediksi Harga Koin Cardano: Target untuk 2022–2030

Apakah Cardano sebaiknya dibeli, dijual, atau ditahan? Analisis harga Cardano jangka pendek dari CoinCodex hari ini (29 Maret) netral, dengan 24 indikator memberi sinyal bullish dan 10 memberi sinyal bearish.

Simple Moving Average dan Exponential Moving Average 10 sampai 200 hari, juga Average Directional Index (ADX), Hull Moving Average (HMA), dan Volume-Weighted Moving Average (VWMA), semuanya memberi sinyal bullish.

Williams Percent Range, Relative Strength Index (RSI), dan Stochastic Fast memberi sinyal ‘jual’. Sementara itu, Moving Average Convergence Divergence (MACD) tetap netral.

Menurut prediksi harga kripto ADA jangka pendek dari CoinCodex, ADA bisa naik sekitar 3% ke harga $1,25 tanggal 3 April.

Sementara itu, tertanggal 29 Maret, beberapa layanan prakiraan berbasis algoritma mengeluarkan prediksi bullish untuk harga Cardano jangka panjang:

Ketika Anda mempelajari prakiraan harga Cardano, harap diingat bahwa analisis dan perkiraan berbasis algoritma bisa saja salah. Prediksi harga ADA mereka didasarkan pada studi teknis dan fundamental performa mata uang kripto yang telah lalu. Sementara itu, performa masa lalu bukan jaminan keuntungan di masa depan.

Analisis Harga ADA/USD 

ADA menunjukkan performa kuat dalam beberapa tahun terakhir dan koin ini menghasilkan ROI (Return of Investment) 5,480% sejak kelahirannya, menurut statistik CoinMarketCap tertanggal 29 Maret 2022.

Berdasarkan data harga paling awal yang tersedia, ADA diperdagangkan dalam pergerakan sideway sampai November 2017. Lalu, harganya melonjak dari $0,029 pada tanggal 20 November menjadi $0,119 pada tanggal 28 November, naik 310% dalam satu minggu.

Pasar kripto secara lebih luas bersifat bullish selama periode ini. Harga Bitcoin (BTC) melambung dari yang hanya $8.200 pada tanggal 20 November menjadi $10.058 pada tanggal 28 November. ADA melanjutkan momentum bullish dan menutup tahun itu di harga $0,719.

Awal 2018 tetap bullish untuk ADA. Harganya mencapai $1,11 pada tanggal 4 Januari. Akan tetapi, ADA jatuh ke $0,028 pada tanggal 14 Desember, turun lebih dari 97% dari puncaknya di bulan Januari. Di pengujung tahun pada tanggal 31 Desember 2018, harganya $0,041.

2019 dan 2020 bukan tahun yang istimewa untuk Cardano, koin ADA tetap diperdagangkan di bawah $1. Akan tetapi, pasar kripto secara luas kembali menguat selama periode ini. Misalnya, harga Bitcoin melonjak dari $3.843 pada tanggal 1 Januari 2019 menjadi $29.001 pada tanggal 31 Desember 2020, dalam lonjakan yang melebihi 654%.

Cardano melambung pada tahun 2021. Nilai koin ADA mencapai $1,48 pada tanggal 15 April dan melonjak lebih tinggi ke harga $2,30 pada tanggal 16 Mei. Kenaikan selanjutnya mengantarkan ADA ke harga tertinggi sepanjang masa di $3,10 pada tanggal 2 September. Harganya turun ke $1,98 pada tanggal 21 September dan terus jatuh ke $1,21 pada tanggal 10 Desember. Koin ini menutup tahun 2021 di harga $1,31.

Sejak awal 2022, pergerakan harga ADA sangat fluktuatif. Pertama-tama, koin ini mencapai level tertinggi dalam 90 hari di harga $1,63 pada tanggal 18 Januari di tengah peluncuran SundaeSwap. Setelah itu, terjadi penurunan hingga mencapai titik terendah dalam 90 hari di harga $0,75 pada tanggal 24 Februari ketika pasar mata uang kripto keseluruhan crash karena perang Rusia-Ukraina.

Saat artikel ini ditulis (29 Maret), koin ADA diperdagangkan pada harga $1,21 dengan kapitalisasi pasar $41,04 miliar.

Berita dan Penggerak Harga Kripto Cardano

Baru-baru ini Cardano melalui sejumlah pencapaian dan pengembangan penting yang mungkin dapat menggerakkan harga Cardano ke depannya:

Peluncuran Fund8 via Project Catalyst

Pada bulan Maret 2022, Cardano memperkenalkan Fund8 melalui platform Project Catalyst. Dana inovasi Project Catalyst memungkinkan pengguna Cardano memperoleh sumber daya yang dibayarkan dengan ADA, dan digunakan untuk upgrade protokol. Peluncuran Fund8 oleh Cardano Treasury akan memberikan $16 juta untuk berbagai inisiatif.

Dalam pengumuman resminya, Cardano mengatakan bahwa masalah tertentu sudah diidentifikasi, dipilih dalam pemungutan suara, dan akan didanai untuk mendukung pengembang dan ekosistem dApp di dalam framework sumber terbuka Cardano.

Cardano untuk keberlanjutan: penanaman sejuta pohon

Cardano telah menanam satu juta pohon pada bulan Februari 2022 dalam kemitraannya dengan Veritree, perusahaan penghijauan Kanada. Pengguna menyumbangkan 1 juta token ADA untuk menanam 1 juta pohon. Sebagai gantinya, tiap penyumbang mendapatkan sertifikat penanaman pohon yang mencatat lokasi pohon mereka dan informasi lain, seperti jenis pohon yang ditanam.

Dengan menggunakan fitur metadata on-chain Cardano, Veritree dapat mengambil dan memberitahukan koordinat GPS, gambar, dan elemen unik lain dalam upaya restorasi. Data ini dapat dilacak, permanen, tidak bisa diubah, dan tersedia untuk umum.

Peluncuran pertama DEX berbasis Cardano, SundaeSwap, tidak lancar

Pada tanggal 20 Januari 2022, Cardano meluncurkan SundaeSwap, yang merupakan bursa terdesentralisasi (decentralised exchange atau disingkat DEX) yang dibuat di blockchain Cardano untuk memfasilitasi likuiditas di jaringannya. Harga ADA melonjak ke $1,63 pada tanggal 18 Januari dalam antisipasi peluncuran itu.

Akan tetapi, sejak peluncurannya, DEX tersebut menghadapi berbagai rintangan dan masalah. Pengguna mengeluh di Twitter bahwa transaksi mereka gagal dan mereka belum menerima token yang dipertukarkan.

Menanggapi masalah tersebut, pengembangnya mengatakan, “Kami ingin menginformasikan bahwa meskipun pemrosesan order (termasuk swap, menyediakan likuiditas, dan menarik likuiditas) mungkin membutuhkan beberapa hari, semua order akan diproses dengan adil dan dalam urutan yang lebih dahulu diterima dan dapat dieksekusi.”

Tim Cardano yakin kemacetan ini hanya sementara, “Walaupun kami memperkirakan kemacetan ini terjadi dalam beberapa hari pertama peluncuran protokol, kami sangat yakin bahwa protokol dapat menyelesaikan transaksi harian secara normal setelah segalanya berjalan lancar.”

Kemitraan dengan EMURGO

Cardano bekerja sama dengan EMURGO pada tanggal 17 Januari 2022 untuk menstimulasi pembuatan tool stack yang dihasilkan dan dipelihara oleh komunitas untuk membantu ekosistem Cardano dan kecepatan pengembangan aplikasi terdesentralisasi (decentralised application atau disingkat DApp).

Pembaruan ini memperluas rentang kemungkinan yang dapat diakses oleh pengembang untuk mengembangkan solusi di Cardano dan memungkinkan pembuatan berbagai aplikasi oleh pihak ketiga. Selain itu, fasilitas ini juga akan mendukung standar industri untuk infrastruktur yang diberdayakan oleh smart contract (kontrak terkomputerasi yang memungkinkan eksekusi transaksi tanpa intervensi manusia sehingga lebih cepat dan aman dari penipuan).

CEO EMURGO, Ken Kodama, mengatakan: “EMURGO mendukung sepenuhnya pengembangan komponen infrastruktur Cardano yang berharga dan kami antusias untuk berkontribusi dalam pengembangannya melalui tim dengan rekam jejak berpengalaman. Dengan fungsionalitas smart contract yang kini didukung di Cardano, tool stack yang baru ini akan menyediakan opsi yang sangat berguna bagi pengembang untuk membuat DApp yang berdampak sosial di Cardano.”

Peluncuran koin stabil Djed di jaringan COTI

Hoskinson dan Shahaf Bar-Geffen, CEO COTI Group, mengungkapkan dalam  Cardano Summit bulan September 2021 bahwa platform COTI akan menjadi penerbit resmi Djed, koin stabil Cardano yang baru. 

Djed adalah desain algoritmis yang menggunakan smart contract untuk memastikan stabilitas harga dan keberhasilan transaksi keuangan terdesentralisasi (decentralised finance atau DeFi)

IOHK mengatakan, “Djed beroperasi dengan menjaga cadangan koin basis, sementara mencetak dan membakar berbagai aset stabil dan koin cadangan lain. Djed didesain untuk digunakan membayar biaya transaksi di jaringan Cardano. Satu kelebihannya adalah membuat biaya transaksi lebih dapat diprediksi sehingga dapat menghindari gas fee yang volatil dan sangat tinggi untuk pengguna.”

Investasi juta dalam ekonomi Afrika 

Pada bulan September 2021, jaringan Cardano menginvestasikan $6 juta untuk mendukung dan mendanai beberapa proyek rintisan blockchain paling kreatif di benua Afrika.

Cardano mengatakan bahwa inisiatif ini dapat menyamakan kedudukan di pentas global dalam pembuatan produk dan layanan berbasis blockchain yang mengubah permainan antara Afrika dan dunia barat. Dana diperlukan untuk membiayai berbagai rintisan paling kreatif di Afrika yang ingin mengembangkan proyek mereka di Cardano. IOHK menjamin bahwa proyek yang sukses akan menerima pelatihan, dana, dan dukungan berkelanjutan.

Apa yang Dinamakan Koin ADA?

Cardano adalah platform blockchain terdesentralisasi yang menggunakan algoritma konsensus proof-of-stake dan berfokus pada smart contract dan keamanan. Cardano didirikan tahun 2017 oleh Charles Hoskinson dan Jeremy Wood, keduanya merupakan pengembang berpengalaman di dunia mata uang kripto.

Menurut dokumentasi proyeknya: “Cardano mengembangkan platform smart contract yang bermaksud menyediakan fitur lebih mutakhir daripada protokol yang telah dikembangkan sebelumnya dan akan berperan sebagai platform aman dan stabil untuk pengembangan DApp level enterprise.”

Algoritma proof-of-stake unik milik Cardano dinamakan Ouroboros, yang menurut mereka adalah salah satu algoritma paling aman dan hemat energi yang tersedia saat ini. Selain itu, protokolnya menawarkan bandwidth lebih besar dan dapat memproses volume transaksi yang signifikan tanpa mengurangi kecepatan jaringan.

Cardano sedang dalam proses menciptakan Hydra, protokol skalabilitas multi-head yang memungkinkan fungsionalitas banyak sidechain. Sidechain adalah blockchain terpisah yang terhubung dengan blockchain induk melalui jalur dua arah sehingga aset dapat dipertukarkan di antara chain induk dan sidechain.

ADA adalah mata uang asli dari jaringan Cardano. Koin ADA digunakan untuk membayar biaya, memasukkan deposit, mengeluarkan imbalan, dan staking.

Cardano didukung oleh tim pengembang dan komunitas yang solid. IOHK bertanggung jawab mengembangkan platform Cardano, sementara EMURGO fokus membangun kemitraan dan mendukung bisnis yang ingin menggunakan teknologi Cardano.

Pada tanggal 1 Februari, IOHK mengumumkan akan menambah ukuran block 8 KB lagi hingga menjadi 80 KB untuk memperbesar kapasitas jaringan. Pengumuman itu juga mengungkap proposal untuk menambah unit memori skrip Plutus (bahasa smart contract) per transaksi di mainnet Cardano dari yang saat ini 12,5 juta menjadi 14 juta.

Dalam sebuah tweet dikatakan: “Penyesuaian ini merupakan bagian dari rangkaian optimasi jaringan  yang telah direncanakan. Cardano akan terus dioptimalkan dalam serangkaian langkah terukur tahun ini, dengan saksama dan metodis menskalakan Cardano untuk pertumbuhan di masa depan seiring kenaikan permintaan.”

Penting untuk melakukan riset pribadi dan selalu ingat bahwa keputusan Anda untuk melakukan trade bergantung pada bagaimana Anda menyikapi berbagai risiko yang mungkin muncul, keahlian Anda di pasar kripto, penyebaran portofolio investasi Anda, dan seberapa nyaman Anda dalam menghadapi resiko kehilangan uang. Jangan menginvestasikan uang yang Anda tidak mampu kehilangannya.

FAQ

Apakah Cardano investasi yang bagus?

Cardano (ADA) adalah protokol blockchain Layer 1 untuk pengembangan dApp dan merupakan proyek mata uang kripto terbesar ke-8 berdasarkan kapitalisasi pasar (tertanggal 14 Maret). Akan tetapi, sejak awal 2022, pergerakan harganya sangat volatil.

Sesuai atau tidaknya mata uang kripto ADA untuk investasi Anda bergantung pada situasi pribadi dan toleransi Anda terhadap risiko. Anda harus mempertimbangkan level risiko yang siap diterima sebelum berinvestasi, dan jangan pernah menginvestasikan uang yang tidak mampu Anda relakan jika harus mengalami kerugian.

Berapa jumlah total koin Cardano?

Menurut data dari CoinMarketCap, koin ADA yang beredar sampai tanggal 14 Maret 2022 adalah 33,67 miliar, dari persediaan maksimal 45 miliar.

Sejauh apa Cardano bisa naik di tahun 2022?

Menurut prediksi harga Cardano dari WalletInvestor, ADA dapat mencapai $1,74 pada akhir 2022.

Bisakah ADA mencapai $10?

Alat prakiraan algoritmis seperti Wallet Investor, Digital Coin, dan Price Prediction (tertanggal 14 Maret) menunjukkan bahwa koin ini berpotensi naik. Price Prediction mengestimasikan harga koin ADA bisa melampaui $10 pada tahun 2028.

Apa kegunaan Cardano?

Blockchain Cardano digunakan untuk membuat smart contract, yang kemudian dapat digunakan untuk mengembangkan aplikasi dan protokol terdesentralisasi.

Capital Com is an execution-only service provider. The material provided on this website is for information purposes only and should not be understood as an investment advice. Any opinion that may be provided on this page does not constitute a recommendation by Capital Com or its agents. We do not make any representations or warranty on the accuracy or completeness of the information that is provided on this page. If you rely on the information on this page then you do so entirely on your own risk.
Share this article

Most popular

Masih mencari broker yang bisa Anda percayai?

Bergabung dengan 485.000+ trader di seluruh dunia yang telah memilih trading bersama Capital.com

1. Buat & verifikasi akun Anda 2. Lakukan deposit 3. Temukan trading Anda